Didampingi Dandim Dan Aster, Wamentan Tinjau Stasiun Pompa Di Pati



Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Republik Indonesia Sudaryono, B. ENG., M.M, MBA melaksanakan kunjungan kerja di wilayah kabupaten Pati Jawa Tengah.

Kunjungan Wamentan di Pati didampingi Aster Kasdam IV/Diponegoro Kolonel Inf Lukman Hakim, S.Si, M.Tr.(Han) bersama Dandim 0718/Pati Letkol Inf Jon Young Saragi, S.Sos beserta Forkopimda Pati dan para pejabat terkait.Jumat,(02/08/2024).

Wamentan meninjau stasiun pompa Tambakromo yang berlokasi di desa Kedumulyo kecamatan Sukolilo kabupaten Pati, dimana di tempat tersebut terdapat 6 pompa besar dibangun tahun 1991 yang sudah termanfaatkan selama 2 tahun.

"Pompa air ini lama tidak dimanfaatkan, dan difungsikan lagi tahun 2017. Ini sebetulnya sangat punya prospek. Dengan pompa nyala diharapkan bisa mengaliri 1000 hektar lebih. Kalau bisa panen 3 kali berarti 3000 hektar penambahan areal tanam, tentu saja menjadi perhatian," 

Wamen menambahkan, pihaknya sudah menginstruksikan kepala dinas di jajarannya agar dibuatkan RAB. 

"Karena sudah ada koordinasi terkait debit air, sehingga debit air cukup sesuai dengan kesepakatan, air dipompa dan dimanfaatkan untuk petani 3 kecamatan di 10 desa,"jelas Wamen.

"Kita sudah ada koordinasi di tingkat kabupaten. Tinggal nanti ada perbaikan sedikit, yang penting air mengalir sampai jauh dan bisa dimanfaatkan untuk petani kita,"tandas Wamentan.

Sementara itu, ditemui di sela kegiatan Dandim 0718/Pati Letkol Inf Jon Young Saragi, S.Sos, menyampaikan komitmennya mendukung penuh program ketahanan pangan nasional dengan mengerahkan seluruh potensi serta personel jajarannya yang tersebar di 21 Koramil.

Pihaknya juga telah mendistribusikan alat dan mesin pertanian (Alsintan) berupa mesin pompa air bantuan dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia kepada kelompok tani yang membutuhkan.

"Kami khususnya jajaran Kodim 0718/Pati sejauh ini telah mengerahkan segenap kemampuan serta personel untuk bersinergi bersama pihak terkait untuk mensukseskan program ketahanan pangan nasional dengan sistem pompanisasi serta perluasan areal tanam untuk meningkatkan hasil panen tanaman pangan di wilayah kabupaten Pati,"kata Dandim.

Mengakhiri agenda kunjungan kerja di wilayah kabupaten Pati, Wamentan RI juga berkunjung di Balai Pengujian Standar Instrumen (BPSI) Lingkungan Pertanian yang berlokasi di kecamatan Jaken.(Pendim Pati)

0 Response to "Didampingi Dandim Dan Aster, Wamentan Tinjau Stasiun Pompa Di Pati"

Post a Comment