Bacakan Amanat Pangdam IV/Diponegoro, Dandim Pati Resmi Menutup TMMD Sengkuyung


WEDARIJAKSA -KAAPNEWS.COM

Mengusung tema Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah, Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III Tahun 2024 yang digulirkan di desa Payak kecamatan Cluwak dan di desa Tluwuk kecamatan Wedarijaksa resmi ditutup Komandan Kodim 0718/Pati Letkol Inf Jon Young Saragi, S.Sos. Kamis,(22/08/2024).

Upacara penutupan TMMD digelar di lapangan desa Tluwuk ditandai dengan pemukulan gong oleh Dandim Pati didampingi oleh Pj Bupati Pati diwakili Sekda Pati Drs. Jumani, M.Si dilanjutkan penandatanganan naskah serah terima dan penyerahan hasil program TMMD dari Dandim Pati selaku Dansatgas TMMD kepada Sekda Pati.

Dalam amanat yang dibacakan oleh Dandim Pati, Pangdam IV/Diponegoro Mayor Jenderal TNI Deddy Suryadi, S.I.P., M.Si, menyebut bahwa Program TMMD merupakan salah satu Program Bakti TNI yang difokuskan untuk membantu Pemerintah daerah dalam percepatan program pembangunan, sarana prasarana dan infrastruktur bagi masyarakat, khususnya yang tinggal di pedesaan dan di daerah-daerah terpencil.

Kodam IV/Diponegoro telah menggelar TMMD Reguler ke-121 di beberapa Kabupaten yaitu Kabupaten Batang, Rembang, Klaten, dan Kota Yogyakarta. Lanjut Dandim. "Selain empat wilayah tersebut, seluruh Kodim di jajaran Kodam IV/Diponegoro juga menyelenggarakan TMMD Sengkuyung sebagai wujud tekad Kodam IV/Diponegoro dalam membantu percepatan pembangunan di daerah secara merata dan menyeluruh."

Ia juga menjelaskan, dalam penyelenggaraan TMMD telah berhasil diselesaikan pekerjaan sasaran fisik betonisasi jalan dan Rehab Rumah Tidak Layak Huni juga sasaran non fisik yang meliputi Penyuluhan kesehatan, Penyuluhan Stunting, Posbindu dan posyandu, Penyuluhan terorisme dan radikalisme, Penyuluhan wawasan kebangsaan, Penyuluhan pemanfatan sampah organik, Penyuluhan tehnologi tepat guna, Penyuluhan pencemaran lingkungan, Penyuluhan kerukunan umat beragama, Penyuluhan budidaya ikan kolam, Penyuluhan pertanian meningkatkan hasil tanaman padi dan jagung, Penyuluhan pendidikan Ilmu politik menghadapi Pilkada.

Dilaksanakan pula sasaran yang menjadi program unggulan Bapak Kepala Staf Angkatan Darat yang meliputi program ketahanan pangan, pertanian terpadu atau pertanian terintegrasi, Urban Farming, pompanisasi, penanaman pohon, pembersihan pasar dan sungai, Rehab RTLH, dan pembuatan sumur bor.

"Pada kesempatan yang baik ini, sekali lagi saya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah bekerja secara maksimal sehingga sasaran fisik maupun non fisik TMMD dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu.," tutupnya.

Usai kegiatan upacara, Dandim bersama Sekda Pati, Wakapolresta Pati serta pejabat terkait secara simbolis menyerahkan kunci rumah bantuan RTLH, penyerahan alat kebersihan masjid dan uang sosial masjid, dilanjutkan penanaman pohon, peninjauan pelayanan kesehatan, KB dan Bazar.

Rombongan Forkopimda Pati kemudian meninjau salah satu rumah warga yang mendapatkan bantuan rehab rumah serta dilanjutkan peresmian jalan desa Tluwuk.

Untuk diketahui, seluruh pekerjaan di dua lokasi TMMD telah rampung 100 %. Berupa sasaran pokok betonisasi jalan desa Tluwuk sepanjang 497 X 3 X 0,15 meter serta sasaran tambahan RTLH 4 unit rumah. Sedangkan sasaran pokok betonisasi jalan desa Payak Kecamatan Cluwak 523 X 3 X 0,15 meter dan sasaran tambahan RTLH 4 unit.(Pendim Pati)

0 Response to "Bacakan Amanat Pangdam IV/Diponegoro, Dandim Pati Resmi Menutup TMMD Sengkuyung"

Post a Comment